Kumpulan Berita dan Informasi Unik dan Agak Menyentil

Thursday, December 3, 2015

Bos Freeport Maruf Syamsudin Beri Kesaksian di MKD

loading...

Berita Unik dan Menggelitik - Bos Freeport Maruf Syamsudin hadir sebagai saksi di sidang kedua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Perwakilan Rakyat, sebelumnya Menteri ESDM Sudirman Said telah bersaksi dalam sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik Ketua DPR Setya Novanto.

Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Perwakilan Rakyat Syarifuddin Sudding menilai kesaksian Sudirman Said di MKD hanya sebatas mendengar dan mengetahui rekaman dari pihak lain. Kesaksian Maroef Sjamsoeddin-lah yang akan jadi kunci penting.

Dihadapan MKD, Bos Freeport, Maruf Syamsudin menjelaskan alasannya merekam pertemuan antara dirinya dengan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha Riza Chalid, karena merasa ada kejanggalan dalam pertemuan tersebut.

Bos Freeport, Maruf Syamsudin pun mengungkapkan bagaimana cara ia merekam pertemuan tersebut. Ia menjelaskan pembicaraan dengan Ketua DPR dan Riza Chalid dilakukan dengan menggunakan ponsel.

Mantan Wakil Kepala BIN itu melanjutkan, perekaman dilakukan pada pertemuan ketiga dengan Setya Novanto, yakni pada 8 Juni 2015 di ruang meeting Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan.




Bos Freeport Maruf Syamsudin Beri Kesaksian di MKD


Saat bertemu dengan Setya Novanto dan Riza Chalid, keduanya tidak merasa curiga tengah direkam, Maroef pun bisa mengatur letak ponselnya agar dapat maksimal merekam pertemuan tersebut. Di ruangan tersebut hanya ada dirinya, Setya Novanto dan Riza Chalid. Ketigaanya kemudian duduk melingkar.

Kecurigaannya pun ternyata terbukti, ia mengendus ada hal yang tidak beres dalam pertemuan. Maroef pun mengaku bahwa ia yang akhirnya menyudahi pertemuan, karena pembicaraan sudah melebar ke mana-mana dan tidak hanya membicarakan soal pembagian saham dan perpanjangan kontrak Freeport saja. Setya Novanto dan Riza Chalid juga membahas masalah lain mulai dari pernikahan putra Presiden Jokowi, hingga masalah Pilpres 2014 lalu.

MKD juga berencana menghadirkan pengusaha minyak Riza Chalid sebagai saksi dalam kasus pencatutan nama tersebut. Setelah mengundang saksi-saksi, MKD akan mempertimbangkan terlebih dahulu hasil dari sidang pertama dan kedua. Apabila diperlukan saksi-saksi lain untuk melengkapi keterangan Sudirman, Maroef, dan Riza, MKD akan memanggil saksi tersebut. Apabila dianggap cukup, MKD baru akan mengagendakan persidangan dengan mengundang Setya.

Bagaimana menurut pendapat anda mengenai Bos Freeport Maruf Syamsudin Beri Kesaksian di MKD ?