Kumpulan Berita dan Informasi Unik dan Agak Menyentil

Saturday, December 5, 2015

Gunung Bromo Siaga - Aktivitas Semakin Meningkat

loading...

Berita Unik dan Menggelitik - Gunung Bromo Siaga, itulah status hari ini Gunung Bromo di Jawa Timur semakin menunjukkan peningkatan. Masyarakat diminta tidak berada di area 2,5 kilometer dari kawah.

Status vulkanik Gunung Bromo Siaga dengan tinggi 2.329 meter di atas permukaan air laut (mdpl) atau 7.641 kaki atau feet (ft) di perbatasan Kabupaten Probolinggo, Pasuruan dan Malang, Provinsi Jawa Timur (Jatim) mulai, Jumat (4/12) pukul 14.00 WIB dinaikkan dari tingkat waspada (level II) menjadi siaga (level III). 

Kegiatan wisata di Gunung Bromo telah resmi ditutup, pawa wisatawan pun telah dilarang untuk masuk mendekati kawah Gunung Bromo. Meski status gunung yang panoramanya dinilai banyak wistawan mancanegara (wisman) sebagai paling eksotik di Pulau Jawa itu meningkat, para wisatawan masih bisa menikmati panorama sunrise dari Bukit Penanjakan, Bukit Setya, dan Bukit Cinta.

Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVBMG) terpaksa menaikkan status setelah selama 24 jam terakhir tremor menerus gunung itu meningkat signifikan, dari kisaran 2-8 militer sebelumnya, meningkat menjadi 3-13 milimeter dominan 5 milimeter.



Gunung Bromo Siaga


Sebelumnya, masyarakat Suku Tengger sebagai penghuni kawasan Gunung Bromo beberapa waktu lalu telah menggelar ruwatan, yakni tradisi mayu desa berupa sedekah bumi dengan harapan peningkatan aktivitas Gunung Bromo tidak berujung pada erupsi yang membawa bencana bagi warga sekitar. Ruwatan digelar di depan balai Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Ratusan warga Suku Tengger yang beragama Hindu Mahayana memulai tradisi mayu desa dengan mengarak sesaji dan berbagai hasil bumi sepanjang tiga kilometer, dari balai desa sampai ke rumah kepala desa sekaligus pemangku adat.

Penutupan di kawasan Bromo ini pasti akan memukul ekonomi warga yang bergantung pada kunjungan wisatawan ke kawah. Sepanjang 2014, setidaknya ada 550.000 wisatawan, 25.000 di antaranya wisatawan asing, yang berkunjung ke Bromo-Semeru, dan menempatkan gunung ini sebagai salah satu tujuan wisata paling populer.

Jadi apakah anda sudah mengetahui status Gunung Bromo Siaga hari ini ?