Kumpulan Berita dan Informasi Unik dan Agak Menyentil

Saturday, January 2, 2016

Manfaat Minum Kopi Yang Harus Anda Ketahui

loading...

Berita Unik dan Menggelitik - Sebagian besar dari kita memulai hari dengan menyeruput secangkir kopi. Ternyata, kopi di pagi hari itu juga baik untuk meningkatkan performa olahraga. Bila Anda berencana memasukkan berhenti minum kopi dalam daftar resolusi tahun baru, ada baiknya dipertimbangkan lagi. Pasalnya, ahli nutrisi mengatakan, sebagian besar dari kita tak perlu menghindari kopi.

Ini alasan untuk tidak berhenti minum kopi di tahun baru. Ini karena, kopi adalah minuman lezat yang tak hanya bikin kamu melek, tetapi juga buat badan kamu terhindar dari ancaman gangguan kesehatan yang mengintai kamu.

Peneliti mencatat dalam sembilan percobaan antara tiga dan tujuh miligram per kilogram berat badan kafein dari kopi ternyata meningkatkan ketahanan sampai rata-rata 24 persen. Jumlah kafein dalam secangkir kopi bervariasi antara 75 sampai 150 mg, bergantung pada bagaimana biji kopi dipanggang dan dibuat minuman. Jumlah kafein pun bergantung pada varietasnya.

Dalam sembilan percobaan, peserta penelitian bersepeda atau lari setelah minum kopi. Sesudah itu, mereka berolah raga dengan giat dengan hasil yang terekam. Sebagian besar atlet ketahanannya "meningkat cukup banyak" setelah minum kopi.

Ia memiliki review detil penelitian yang menyimpulkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah kena kanker hati dan risiko mati mendadak.




Baca Juga : Review Lipstik Matte

Selain itu, mereka juga memiliki risiko lebih rendah kena diabetes tipe 2. diabetes jenis ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin, hormon kunci yang mengubah gula menjadi energi atau insulin yang dimiliki tidak bekerja dengan benar. Diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana tubuh tidak mampu memproduksi kadar insulin dalam jumlah yang dibutuhkan. Bisa dikatakan kopi pada tingkat sel dalam tubuh bekerja sebagai pembersih. Ini karena kopi mampu mempercepat beberapa proses biokimia penting terkait dengan aktivitas perbaikan kerusakan sel atau membersihkan puing-puing sehingga beberapa molekul yang berhubungan dengan insulin dan glukosa dapat bekerja dengan lebih efisien.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kafein membantu melindungi otak dari serangan penyakit parkinson. Hanya saja, kopi tidak dianjurkan bagi mereka yang berada dalam kondisi di mana tubuh mengalami peningkatan denyut jantung yang tinggi dalam jangka waktu yang singkat dan juga tekanan darah yang bisa membuat jantung mengalami stres.

Disimpulkan bahwa kopi sama manfaatnya dengan tablet kafein atau kafein bubuk untuk ketahanan saat olahraga. Namun, periset juga memperingatkan atlet untuk memperhatikan jumlah kafein yang ditelan.

Ahli-ahli lain mengatakan, kendati terdapat kandungan stimulan dalam kopi, zat yang bikin jantung deg-degan pada sejumlah orang itu sepertinya tidak menyebabkan masalah bagi sebagian besar masyarakat.

Wanita hamil sebaiknya menghindari minum kopi. Kopi juga tidak direkomendasikan untuk masyarakat dengan kondisi seperti peningkatan detak jantung jangka pendek dan tekanan darah tinggi. Anak-anak yang tak bisa mencerna kopi, sebaiknya tidak minum kopi sampai berusia remaja.

Ada juga penelitian yang mengungkapkan, kopi membantu tubuh tetap langsing. Peneliti dari Hannover Medical School, Jerman menemukan kandungan kafein dalam kopi membantu tubuh melawan kenaikan berat badan yang terjadi perlahan.

Kafein adalah stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Banyak laporan membuktikan kopi dapat meningkatkan pengeluaran energi setiap hari sekitar lima persen. Ilmuwan mengatakan, mengombinasikan dua sampai empat cangkir kopi setiap hari dan olahraga teratur akan lebih efektif untuk menjaga berat badan.

Bagi kamu yang tengah berada dalam program diet untuk menurunkan berat badan, maka kopi juga cukup dianjurkan buat kamu. Mengonsumsi kopi secara rutin sebanyak dua hingga empat cangkir sehari membantu kamu mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Ini berkat kandungan kafein yang tinggi dalam kopi. Peneliti juga menambahkan bahwa mengombinasikan dua hingga empat cangkir kopi secara rutin setiap hari dengan olahraga teratur akan lebih efektif untuk menjaga berat badan.

Nah, dengan berbagai manfaat yang didapat dari kopi, jadi tak ada alasan untuk meninggalkan kopi dalam perayaan tahun baru kamu, kan? Selamat menikmati sehatnya kopi!