Kumpulan Berita dan Informasi Unik dan Agak Menyentil

Sunday, January 10, 2016

Spesifikasi dan Harga Hyundai Ioniq

unik menggelitik
loading...

Berita Unik dan Menggelitik - Setelah sebelumnya Hyundai memperkenalkan teaser Ioniq sebagai mobil hybrid terbarunya, kini Hyundai secara resmi membeberkan gambar dan spesifikasi tentang mobil hybrid terbarunya tersebut. Dan kehadiran mobil tersebut bakal bersaing ketat dengan Toyota Prius, Nissan Leaf, dan Chevrolet Volt.

Hyundai sendiri adalah merupakan salah satu pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut akan segera merilis mobil hybrid terbarunya yang mereka beri nama Hyundai Ioniq. Hyundai Ioniq telah menawarkan tiga pilihan powertrain, yakni full electric vehicle (EV), hybrid electric vehicle (HEV), dan plug-in hybrid (PHEV).

Hyundai Ioniq memang tidak akan menunggu waktu lama lagi dilempar ke pasar. Bahkan di korea sendiri sudah dibuka daftar inden untuk Ioniq. Lalu dari situs Hyundai-Blog, akhirnya kita mendapatkan detail spesifikasi mengenai Hyundai Ioniq. Namun berdasarkan bocoran keterangan hanya tertera spek untuk Plug-in Hybrid dan Hybrid standar. Bisa jadi peluncuran versi EV akan disusulkan di lain waktu.






Spesifikasi Hyundai Ioniq

Sesuai data yang didapat, Hyundai Ioniq akan mendapatkan mesin 1.6-liter GDI (Gasoline Direct Injection) dengan tenaga 105 HP @ 5,700 RPM dan torsi 147 Nm alias 108 lb-ft @ 4,000 RPM. Kombinasi kedua mesin tersebut dihubungkan ke transmisi 6-speed dual-clutch. Dijelaskan mobil ini diklaim bisa menempuh 22,4 kilometer per 1 liter-nya saat pengetesan di Korea Selatan. Hyundai Ioniq mampu menghemat efisiensi bahan bakar termal tertinggi di dunia pada 40 persen. 

Hyundai menyatakan mereka cukup pede untuk masuk ke kelas Hybrid. Bukan apa-apa, karena banyak hal baru yang terkandung di Ioniq seperti sasis, penawaran tiga tipe mesin, rancang bangun yang berbeda dengan Toyota dan baterai jenis baru. Baterai ini berjenis lithium polymer yang dibuat oleh LG Chem. Struktur polymer yang diusung diklaim jauh lebih baik dibandingkan lithium-ion konvensional. Selain itu konsumsi BBM pun diklaim Yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kompetitor asal Jepang.

Dua jenis Hyundai Ioniq dibedakan dengan penggunaan ban dengan velg 15 inchi dan velg 17 inchi. Untuk versi 15 inchi maka konsumsi BBM mencapai  22.4 kilometer/liter (4.46 liter/100 km atau 52 MPG) dengan emisi 69 gram/kilometer. Pada versi 17 inchi maka konsumsi BBM mencapai 20.2 kilometer/liter (4.9 liter/100 km atau 47.5 MPG) emisi yang dihasilkan 78 gram/kilometer.

Hyundai Ioniq dijanjikan akan lebih menarik dikendarai dibandingkan dengan rivalnya. Di interiornya didesain canggih dimana terdapat aksen biru serta digital instrument cluster. Kemudian untuk sasisnya mengadopsi bahan yang ringan, dengan bodi berbahan aluminium, serta baterai diposisikan di bagian bawah agar center of gravity-nya dan pengendalian yang lebih baik. Advanced High Strength Steel merupakan komponen utama dari struktur mobil ini, chasis yang digunakan juga didesain sangat kuat untuk menghadapi benturan yang keras. Namun yang menarik adalah perusahaan masih membuat kendaraan ini ringan dalam desain karena memasukkan panel bodi alumunium. Penggunaan bahan alumunium tersebut membuat Hyundai Ioniq baru ini lebih ringan 12kg. Tak lupa aerodinamis yang diterapkan di Ioniq ini menjadi poin utama. Bahkan Hyundai mengklaim Iioniq merupakan 'class-leading' drag coefficient.

Hyundai Ioniq ini sudah dibekali dengan styling desain yang sangat kental dengan aroma Hyundai sendiri, yakni dengan adanya garis tegas namun tetap terlihat dinamis. Sedangkan pada bagian depan, grille berbentuk heksogonal yang masih digunakan sebagai bentuk pemenuhan ekspektasi pasar yang saat ini masih marak. Mobil hybrid terbaru Hyundai tersebut juga memiliki dimensi yang membesar pada bagian belakang, layaknya model SUV Mercedes Benz ML55. Serta tampilan mobil tersebut juga menjadi lebih kekakr apabila dibandingkan dengan kendaraan Sport Hyundai coupe i40.




Gambar Spesifikasi dan Harga Hyundai Ioniq

Video Spesifikasi Hyundai Ioniq


Harga Hyundai Ioniq

Untuk masalah harga yang akan ditawarkan oleh Hyundai, Hyundai sendiri akan membendrol mobil terbarunya tersebut dengan harga 35 Ribu Dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp. 484 juta rupiah. Dan rencanya mobil ini dijadwalkan pada ajang Deteroit Auto Show 2016 pada pekan depan dan penjualannya baru akan dimulai pada acara gelaran Ganeva Motor Show 2016 pada bulan Maret mendatang.

Itulah Spesifikasi dan Harga Hyundai Ioniq, semoga bermanfaat buat anda.